Manfaat Grass Block / Paving Rumput untuk Halaman dan Carport

Peresmian Pembukaan Pabrik Paving Masterblock di Gn. Sindur, Bogor
September 22, 2017

Manfaat Grass Block / Paving Rumput untuk Halaman dan Carport

Jika Anda senang berkebun dan ingin halaman rumah atau carport Anda tidak becek setelah hujan, ada solusi yang tepat untuk hal ini yaitu dengan paving grass block atau sering juga disebut paving rumput.

Pada umumnya kita lebih mengenal Paving block atau Conblock dibanding Grass Block, karena sering terlihat dan banyak digunakan untuk trotoar, jogging track atau area parkir di perumahan, ruko, mall dan lokasi lainnya. Dari sisi kegunaan keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk jalan yang membutuhkan pengerasan sekaligus penyerapan air tanah.

Ada kelebihan dan kekurangan dari grass block dibandingkan dengan paving block. Kelebihannya yaitu penyerapan air hujan ke dalam tanah lebih banyak dibandingkan paving block serta membuat lingkungan terlihat lebih asri dan hijau. Sementara kekurangannya dari sisi kekuatan menahan beban nya tidak sebesar paving block / conblock.

Apa Manfaat dan Mengapa Grass Block dibutuhkan?

Jalan yang di aspal atau di cor beton dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Keduanya terbuat dari material yang tidak menyerap air, sehingga pada saat turun hujan air tidak dapat masuk ke dalam tanah. Hal ini akan berdampak pada kelestarian alam, karena ketersediaan air tanah nantinya akan semakin sulit diperoleh. Untuk itu kita perlu memberikan ruang di lahan yang membutuhkan pengerasan dengan cara pemasangan grass block.

Grass block dibuat dengan material agregat yang sama dengan paving block hanya saja cetakan grass block di desain berlubang-lubang agar setelah dipasang nantinya dapat ditumbuhi atau ditanami rumput.

Paving grass block juga cukup handal dan tahan terhadap cuaca serta tidak mudah terkena abrasi dibanding jalan aspal jika sering terkena dan terendam air hujan. Untuk biaya pemeliharaannya juga relatif rendah, jika terjadi kerusakan kita hanya perlu mengangkat bagian yang rusak tersebut dan menggantinya dengan yang baru tanpa harus membongkar seluruh area, jadi sangat praktis dan efisien.

Bagaimana Memilih Grass Block yang Tepat untuk Halaman dan Carport Rumah Anda?

Jika Anda googling di internet tentunya akan banyak sekali informasi dan gambar mengenai paving grass block. Tips untuk memilih grass block yang baik:

  • Pada umumnya ketebalan grass block ada 2 macam yaitu 6 cm dan 8 cm. Jika aplikasinya untuk halaman yang dilintasi pejalan kaki cukup gunakan grass block dengan ketebalan 6 cm, tetapi jika diaplikasikan untuk carport sebaiknya pilih grass block dengan ketebalan 8 cm.
  • Motif grass block biasanya terdiri dari 2, 5 atau 8 lubang. Pemilihannya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Pilih grass block yang dicetak dengan mesin press hidrolik (bukan dicetak manual). Grass block yang bagus dan kuat terlihat dari hasil cetakannya yang rapi, tidak ada keretakan dan padat (permukaan dan sisi-sisinya tampak halus dan tidak banyak rongga-rongga kecil)
  • Minta referensi proyek yang menggunakan paving grass block dari produsen / suppliernya agar Anda dapat menilai mutu produk yang terpasang dan reputasi penjualnya.

Jika Anda berencana untuk memasang grass block, kami siap membantu Anda. Di Masterblock Anda akan mendapatkan paving block / conblock dan grass block berkualitas dan harga grass block per meter / per m2 / pcs yang terjangkau. Kami juga menyediakan jasa pemasangan paving, grass block yang dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman. Hubungi kami sekarang melalui Telp, WA atau email ke info@masterblockindonesia.com.