keunggulan paving block
8 Keunggulan Menggunakan Paving Block Dibanding Aspal
November 24, 2021
5 Alasan Kenapa Paving Block Harus Dipasang Oleh Ahlinya
January 19, 2022
Show all

Cara Mudah Menghilangkan Lumut Pada Paving Block

paving berlumut

Seiring berjalannya waktu, partikel yang ada di udara seperti debu atau kotoran akan menyatu dengan pasir dan mengendap pada sela paving block, dan ini menciptakan tempat yang ideal bagi lumut untuk berkembang biak. Terlebih lagi jika paving block dipasang di tempat yang teduh dan berada dalam kondisi lembab yang berkepanjangan, tentu hal tersebut akan membuat pertumbuhan lumut jadi semakin cepat.

Bagaimanapun, lumut pada paving block memang tidak bisa dihilangkan secara permanen. Untuk itu, cara terbaik untuk menghentikan pertumbuhannya adalah dengan melakukan perawatan berkala. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda coba untuk menghilangkan lumut pada paving block.

1. Sapu Secara Rutin

Jangan biarkan kotoran seperti daun atau sampah lainnya berserakan di area paving block. Selain karena tidak nyaman dipandang, semakin banyak sampah artinya akan semakin mudah pula bagi debu dan partikel lainnya untuk menumpuk di sela paving block. Oleh karena itu, usahakan agar Anda selalu menyapunya, paling tidak sekitar seminggu sekali.

2. Jaga Agar Tetap Kering

Secara alami, paving block memang bisa menyerap endapan air hujan. Namun jika paving block Anda berada di tempat yang cenderung lembab dan minim sinar matahari, buanglah semua genangan air setiap kali selesai hujan. Untuk mencegah pertumbuhan lumut, jangan biarkan paving block berada dalam kondisi basah secara berkepanjangan.

3. Sikat Lumut yang Tumbuh

Jika Anda melihat ada sedikit lumut yang mulai tumbuh pada sela paving block, gunakan sikat lantai untuk membersihkannya. Jika tidak disingkirkan sesegera mungkin, lumut akan tumbuh dengan cepat dan bersarang di paving block Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh, termasuk pada bagian sudut yang sulit dijangkau.

4. Gunakan Larutan Pemutih

Menyikat paving block hanya akan mencegah pertumbuhan lumut pada permukaannya saja. Jika Anda ingin membasmi lumut sampai ke akar-akarnya, Anda bisa menggunakan larutan pemutih. Caranya cukup campurkan sebanyak 10%-15% larutan pemutih ke dalam air, kemudian siram pada sela-sela paving block yang rentan ditumbuhi lumut.

Perlu diperhatikan bahwa lumut akan terus tumbuh karena adanya pengaruh dari faktor luar seperti hujan dan suhu yang lembab. Oleh karena itu, lakukan perawatan di atas secara berkala untuk mencegah laju pertumbuhan lumut di kemudian hari. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, selain bisa merusak penampilan, paving block yang dipenuhi oleh lumut juga dapat membuat strukturnya menjadi rapuh.

Namun jika paving block di rumah Anda sudah terlanjur rusak karena lumut atau penyebab lainnya, tidak perlu khawatir karena Masterblock Indonesia sebagai produsen paving block berkualitas menyediakan berbagai jenis dan ukuran paving block yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Selain memiliki harga yang ekonomis, produk paving block kami juga dicetak menggunakan mesin press hidrolik sehingga hanya menghasilkan produk-produk conblock yang kuat dan bermutu tinggi.

Untuk melakukan pemesanan atau jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui kontak yang tertera di website resmi Masterblock Indonesia.