Jual Paving Block Berbagai Jenis Ukuran

cara pemasangan paving block
Cara Pemasangan Paving Block Yang Benar – 7 Hal Dasar Yang Perlu Diketahui
January 8, 2019
paving block tangerang
Paving Block Tangerang
August 1, 2019
Show all

Jual Paving Block Berbagai Jenis Ukuran

jual paving block

Paving Block sudah dikenal oleh masyarakat luas baik yang tinggal di perdesaan ataupun di kota. Seperti yang kita ketahui paving block atau dalam bahasa Inggrisnya block paving adalah salah satu jenis bahan bangunan yang digunakan untuk keperluan pengerasan jalan alternatif selain jalan cor beton atau jalan aspal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan paving block sebagai berikut:

Apa Itu Paving Block?

Paving Block atau Conblock adalah produk beton pracetak yang terbuat dari campuran bahan bangunan seperti semen portland, pasir, batu screening, air dan material agregat lainnya. Bahan-bahan material tersebut dicampur dengan perbandingan komposisi tertentu untuk mendapatkan mutu beton yang diinginkan.

Setelah semua campuran material merata, adonan tersebut dimasukkan ke dalam cetakan. Untuk proses pencetakan conblock ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan mesin Press Manual atau mesin Press Hidrolik.

Secara kualitas paving block yang dicetak dengan mesin press hidrolik akan lebih padat dan menghasilkan mutu beton yang lebih tinggi dibanding paving press manual. Tetapi dari sisi harga, tentu saja harga paving block manual lebih murah dari paving block press hidrolik.

Pilihan ada di tangan Anda apakah mencari paving block murah dengan kualitas seadanya atau paving block berkualitas dengan harga yang lebih tinggi tapi awet dipakai dalam jangka panjang.

Jenis Paving Block

jenis paving block

Jenis paving block atau model konblok beraneka ragam, tetapi model paving klasik tetap terus diminati karena bentuknya yang sederhana dan lebih mudah dalam pemasangannya. Paving bermotif klasik ini dapat dikombinasikan dengan model paving yang lain ataupun dikombinasikan warnanya sehingga membentuk pola paving block yang menarik dan memiliki nilai estitika yang baik. Contoh paving bermotif klasik adalah sebagai berikut:

  1. Tru Pave (Bata)
  2. Cobblestone (Ubin)
  3. Half Pave (Kubus)
  4. Hexagon (Segi Enam)
  5. Uni Pave (Cacing / Zig zag)
  6. Topi Uskup

Selain motif / model yang penting untuk diperhatikan adalah kekuatan paving block tersebut jika dilewati beban tertentu. Kekuatan paving diukur berdasarkan mutu beton / kuat tekan yang dinyatakan dalam MPa atau dapat dikonversikan menjadi kg/cm2 (K). Untuk informasi lebih lanjut mengenai mutu beton silahkan klik di sini.

Manfaat paving block

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Paving Block yang penting untuk diketahui agar kita dapat memutuskan pilihan material yang tepat untuk pengerasan jalan, apakah menggunakan konblok, aspal atau cor beton karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

  1. Penyerapan Air Lebih Baik

    Paving block dapat menyerap air hujan dibagian sisi-sisinya sehingga dapat membantu penyerapan genangan air di permukaan jalan. Hal ini tentunya berguna untuk menjaga ketersediaan air tanah, sehingga konblok / paving block menjadi solusi yang tepat untuk pengerasan jalan yang ramah lingkungan.
  2. Aplikasi Beragam

    Manfaat paving block yang lain adalah dapat diaplikasikan diberbagai macam kondisi jalan, seperti di halaman rumah, trotoar, tempat parkir motor / mobil, jalan di perumahan hingga dilingkungan industri yang dilewati kendaraan berat seperti truk tronton / container.
  3. Pemasangan dan Perawatannya Mudah

    Proses pemasangan paving block relatif lebih mudah dibandingkan aspal dan cor beton, karena sudah berbentuk balok-balok yang dapat disusun mengikuti desain pola-pola tertentu yang diinginkan dan juga cepat dalam pemasangannya. Aspal dan cor beton lebih banyak menggunakan peralatan tambahan dan ketrampilan khusus. Paving block juga tidak membutuhkan perawatan khusus, jika ada kerusakan dapat diangkat, diganti dan diperbaiki pada bagian yang rusaknya saja.
  4. Memiliki Nilai Estetika

    Paving block memiliki bentuk dan warna yang beragam sehingga dapat disusun menjadi pola-pola yang menarik sehingga memiliki daya tarik dan nilai estetika yang menjadi nilai tambah jika diaplikasikan dilingkungan perumahan. Untuk contoh-contoh pola paving block dan kalkulasi jumlah kebutuhan tiap modelnya dapat di lihat di sini.

Daftar Harga Paving Block

ModelDimensi (cm)Tebal (cm) Jumlah / m2 Harga / m2 (Rp)
*Belum termasuk PPn 10%
 Trupave 21 x 10.5 6 45 110,000
 Paving Cobblestone / Ubin 21 x 21 6 22 116,000
 Paving Kubus 10.5 x 10.5  6 90 116,000
paving hexagon11.5 x 11.5 x 20629116,000
Harga Paving Block

Harga paving block yang beredar dipasaran bervariasi karena adanya perbedaan dari beberapa faktor seperti model paving, ketebalan, jumlah pesanan, mutu beton (kuat tekan) dan jarak pengiriman dari pabrik ke lokasi proyek.

Anda perlu berhati-hati jika mendapat penawaran harga konblok yang murah, karena biasanya ada kualitas ada harga. Jika tujuan Anda untuk jangka panjang sebaiknya dipertimbangkan lagi untuk membeli konblok yang berkualitas tinggi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Jika membeli paving dengan mutu yang kurang baik tentunya akan cepat rusak dan Anda akan rugi 2 kali karena harus membeli conblock baru ditambah biaya bongkar pasang conblock yang sudah terpasang.

Apabila Anda ingin berkonsultasi mengenai paving block dan jasa pemasangannya atau memerlukan surat penawaran harga paving block silahkan menghubungi kami via WA di 0812 1623 0799.

Harga Paving Block Per Meter

ModelDimensi (cm)Tebal (cm) Jumlah / m2 Harga / m2 (Rp)
*Belum termasuk PPn 10%
 Trupave 21 x 10.5 8 45 127,000
 Paving Cobblestone / Ubin 21 x 21 8 22 132,000
 Paving Kubus 10.5 x 10.5  8 90 132,000
paving hexagon11.5 x 11.5 x 20829132,000
Harga Paving Block per meter

Harga paving block per meter atau per m2? Paving block yang dipasang di lapangan selalu diukur berdasarkan luas areanya, maka yang lebih tepat adalah harga paving block per m2. Yang diperhatikan adalah jumlah keping paving per m2 untuk tiap model berbeda-beda karena tergantung bentuk dan luas per kepingnya.

Sebagai contoh untuk paving Tru Pave (Bata) ada pabrik yang mencetak dengan ukuran 20 cm x 10 cm dan ada pula yang mencetak ukuran 21 cm x 10,5 cm, sehingga jumlah per m2 paving ukuran 20 cm x 10 cm adalah 50 pcs dan paving yang berukuran 21 cm x 10,5 cm adalah 45 pcs.

Untuk harga paving block per meter (biasa disebut secara singkatnya) tergantung dari motif, mutu beton, jumlah pesanan dan jarak pengiriman. Jika Anda ingin mendapatkan penawaran harga konblok terbaik dari Masterblock silahkan diinformasikan detail kebutuhannya, kami akan memberikan penawaran harga paving block yang menarik untuk Anda.

Cara Pasang Paving Block

Cara pasang paving block cukup mudah tapi sebaiknya diserahkan kepada tukang yang sudah ahli dan berpengalaman agar hasil pemasangannya rapi dan elevasinya benar, sehingga jika terjadi hujan, air dapat mengalir dengan baik.

Yang penting untuk diperhatikan sebelum pemasangan paving block adalah lapisan tanah dibawahnya harus benar-benar padat, terutama jika akan dilintasi kendaraan berat seperti truk Tronton / Container. Jika pondasi tanahnya tidak kuat, yang akan terjadi adalah conblock yang sudah terpasang akan bergelombang karena tanahnya amblas. Hal tersebut akan mengakibatkan conblock yang sudah terpasang akan cepat rusak karena beban di atasnya tidak merata dan juga paving tersebut akan bergesekan satu dengan yang lainnya.

Tips untuk memasang paving block yang baik dan benar dapat dilihat pada artikel ini Cara Pemasangan Paving Block.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Paving block cocok digunakan untuk pengerasan jalan sekaligus menjaga keseimbangan alam karena dapat membantu penyerapan air tanah.
  2. Pilihlah model conblock yang sesuai design pola yang diinginkan dan mutu beton (kuat tekan) yang sesuai dengan aplikasinya.
  3. Paving block memerlukan pondasi tanah yang padat dan kuat agar tanah tidak amblas dan paving tidak bergelombang pada saat dilintasi kendaraan.
  4. Harga paving block bervariasi tergantung pada motif, mutu beton, kuantitas pesanan dan jarak pengiriman dari pabrik / warehouse ke lokasi proyek.
  5. Cari informasi siapa produsen paving block tersebut, jejak rekam dalam produksi konblok serta pelayanan purna jualnya. Untuk informasi portfolio Masterblock dalam video clip silahkan klik di sini atau hubungi CS / Sales kami di Tel: 021 – 7561126, WA: 0812 1623 0799, email: info@masterblockindonesia.com.

FAQ - Konblok

  • Apa arti K pada paving block / konblok?

    K dalam istilah paving block / konblok memiliki arti kuat tekan, yang dinyatakan dalam unit MPa atau jika di konversi 1 MPa = 10.192 kg/cm2. Contoh: paving block K300 artinya tipe tersebut memiliki kuat tekan rata-rata 300 kg/cm2.

  • Berapa harga paving block?

    Harga paving block ditentukan oleh beberapa faktor yaitu: jenis / model, kuat tekan, jumlah pesanan dan jarak pengiriman dari warehouse ke lokasi pelanggan. Info lebih lanjut klik di sini.

  • Apa saja jenis atau model paving block?

    Model paving block sangat beragam, tapi sebagian besar masyarakat masih menyukai model-model konblok klasik seperti paving Tru Pave (bata), Cobblestone (ubin). Half Pave (Kubus) dan  Hexagon (Segi 6). Untuk info lebih lanjut, hubungi kami.

  • Conblock digunakan untuk apa?

    Conblock atau paving block digunakan sebagai penutup permukaan tanah untuk trotoar, parkiran mobil atau jalan-jalan di perumahan. Conblock digunakan sebagai alternatif jalan aspal atau jalan beton yang mudah dipasang dan rendah biaya pemeliharaannya.