Tips Memilih Paving Block Yang Benar

paving block murah
Paving Block Murah vs Berkualitas
March 29, 2020
Show all

Tips Memilih Paving Block Yang Benar

paving block k300 k450

Paving Block / Conblock sudah tidak asing lagi bagi masyarakat karena sering dijumpai di halaman rumah, tempat parkir umum atau di jalan-jalan sekitar perumahan. Jika diamati sekilas dari paving block yang baru terpasang sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok dari sisi kualitasnya, tapi seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaannya, akan terlihat jelas perbedaan yang signifikan. Konblok yang kualitasnya bagus tidak mengalami banyak perubahan pada pada warna dan teksturnya, sementara yang kualitasnya kurang baik akan terlihat banyak yang rusak atau terkikis permukaannya. Pertanyaannya sekarang, bagaimana memilih paving block yang benar agar sesuai dengan kualitas dan aplikasinya?

Berikut ini tips memilih paving block yang bagus dan benar:

  1. Tentukan Model Paving Block dan Design Pola Pemasangannya

    Bentuk atau motif paving block sangat beragam. Jika Anda menyukai motif konblok yang sederhana tapi tetap elegan ada beberapa pilihan antara lain: Tru Pave (Bata), Cobblestone (Ubin), Half Pave (Kubus), Hexagon (Segi Enam), Uni Pave (Zig zag / Cacing). Diantara motif-motif tersebut, paving Tru Pave yang paling populer dan ekonomis, karena bentuknya sederhana dan dapat dibentuk menjadi berbagai macam pola pemasangan paving block dan kombinasi warna. Selain itu jika dipasang dengan pola Herringbone atau struktur tulang ikan, konblok akan terkunci dengan baik dan tidak mudah bergeser.
  2. Paving Block dengan Mutu Beton yang sesuai Aplikasinya

    Salah satu faktor yang menentukan kekuatan paving block adalah mutu beton atau kuat tekannya. Jika digunakan untuk halaman rumah atau trotoar, paving K200 – K250 sudah cukup memadai, jika dipakai untuk parkiran mobil atau infrastruktur jalan di cluster perumahan, pilihlah paving block K300 – K350, dan jika digunakan untuk lintasan kendaraan berat seperti truk tronton / container pilihlah conblock K400 – K500.
  3. Perhatikan ketebalan Paving Block

    Pilih paving block dengan ketebalan yang disesuaikan dengan jenis dan tonase kendaraan yang melintasinya. Jika digunakan untuk parkiran motor, mobil atau jalan-jalan di cluster perumahan, konblok dengan tebal 6 cm sudah memadai. Untuk jalan yang dilewati bus atau truk double pilihlah konblok dengan tebal 8 cm dan untuk jalan yang dilintasi kendaraan berat seperti truk tronton / container maka konblok dengan tebal 10 cm adalah pilihan yang tepat. Conblock yang lebih tebal memiliki bobot yang lebih berat sehingga lebih stabil dan tidak mudah bergeser jika dilewati kendaraan yang bertonase besar.
  4. Presisi dari sisi dimensi dan bagus teksturnya

    Jika tidak presisi maka pada saat conblock tersebut dipasang akan membuat hasil pemasangannya tidak rapi. Selain itu tekstur paving yang kurang bagus akan mengurangi nilai estetikanya.
  5. Dicetak dengan mesin Press Hidrolik

    Paving block dengan komposisi material agregat yang sama jika di cetak dengan mesin press hidrolik akan memiliki tingkat kepadatan dan kerapatan yang lebih tinggi dibanding conblock yang di press manual. Hal ini akan berdampak pada mutu kuat tekannya. Selain itu paving press hidrolik juga lebih tahan terhadap abrasi karena tidak mudah lepas campuran materialnya dan tidak mudah berlumut dibanding paving press manual.
  6. Harga Paving Block

    Jangan buru-buru memilih paving block dengan harga yang murah. Kalau Anda memilih paving yang murah, kualitas yang didapatkan akan sebanding dengan harganya. Anda akan membayar lebih mahal dikemudian hari karena konblok tersebut setelah dipasang akan cepat rusak, sehingga Anda harus mengeluarkan uang kembali untuk membeli conblock yang baru dan biaya tambahan untuk jasa bongkar pasangnya.
  7. Kenali Produsen / Pabrik Paving Block

    Sebelum membeli paving block cari informasi siapa produsen atau pabrik paving block nya. Pelajari produk-produknya dan minta referensi siapa pelanggan atau proyek-proyek mana saja sudah menggunakan produknya.

Demikianlah 7 tips memilih paving block yang bagus dan benar, agar Anda dapat memutuskan dengan tepat, produk paving dan produsen mana yang harus dipilih.

Untuk memenuhi kebutuhan paving block dengan beragam aplikasi, kami PT Masterblock Indonesia berusaha untuk membuat paving block yang KUAT – PRESISI – EKONOMIS. Kami menyediakan paving block tipe standard MB untuk Medium Duty yang cocok digunakan mulai dari halaman rumah, trotoar sampai lintasan bus dan truk colt diesel. Tipe berikutnya adalah Platinum (MP) untuk aplikasi Heavy Duty yang cocok digunakan untuk lintasan kendaraan berat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paving block yang berkualitas, harga paving block per meter, sample paving, atau survey pemasangan paving conblock silahkan hubungi CS kami di 021 – 7561126, atau WA di 0816944825 / 0818905524.